Waspada Penipuan Phishing!

Perkembangan teknologi digital yang semakin meningkat sayangnya terus diiringi dengan resiko penyalahgunaan data yang ikut meningkat. Salah satu modus kejahatan terkait yang sedang marak saat ini adalah Phishing.

Phising adalah upaya untuk mendapatkan akun, informasi data, dan akses untuk perangkat seseorang dengan teknik pengelabuan


Simak informasi dan tips penting untuk menghindari phishing berikut ini yuk! :

 

  1. Cermati setiap huruf dari alamat email pengirim. Jika terdapat perbedaan nama, bisa dipastikan itu phishing. Misalnya, “astraapay”, seharusnya “astrapay” (huruf “a” lebih 1), atau email dari "[email protected].cc" seharusnya "[email protected].com"
  2. Periksa kembali link maupun gambar yang ditampilkan dan cek alternative text (teks alt) dengan mengarahkan kursor ke gambar atau teks yang mengandung tautan. Usahakan untuk tidak mengklik jika tulisan atau gambar tidak sesuai, ya. 
  3. Perusahaan resmi tidak akan menanyakan informasi pribadi melalui email. Seperti nama lengkap, domisili, nomor rekening dan lainnya. 
  4. Jangan gampang terjerat jika menerima email mendesak karena pengirim phising cenderung menggunakan kata bernada “gawat” atau “urgent” yang berkaitan dengan uang dan privasi.
  5. Waspada akan file yang dilampirkan pada email. Pelaku phising juga cenderung memancing korban dengan berbagai tipuan berbau saldo gratis atau voucher diskon. File yang dilampirkan ini biasanya terdapat malware.
  6. Jangan mudah menyimpulkan pesan. Luangkan waktumu untuk membaca isi pesan dengan seksama dan teliti.

 

Nah, gimana ya kalau semua poin di atas sudah dilakukan tapi masih tetap ragu? Tenang aja! Kamu bisa langsung hubungi [email protected] untuk bertanya atau melaporkan.